Sistem pendidikan terbaik dunia, Fisika dan matematika bakal dihapuskan di negara ini.


Finlandia, salah satu hotspot pendidikan terkemuka di dunia, memulai salah satu perombakan paling ‘radikal’ dalam pendidikan modern. Pada tahun 2020, negara ini berencana untuk menghapuskan setahap demi setahap mengajar mata pelajaran individu seperti matematika, kimia dan fisika, dan bukannya mengajar siswa dengan ‘topik’ atau fenomena yang luas, sehingga tidak ada pertanyaan “apa gunanya belajar ini?”


Bagaimana bentuknya? Pada dasarnya, alih-alih memiliki satu jam geografi diikuti oleh satu jam sejarah, siswa akan mempelajarinya sekaligus, katakanlah, dua jam belajar tentang Uni Eropa, yang meliputi bahasa, ekonomi, sejarah dan geografi. Atau mahasiswa yang mengambil kursus kejuruan mungkin mempelajari ‘Pelayanan’, yang akan melibatkan matematika, bahasa dan keterampilan komunikasi pembelajaran, seperti yang dilaporkan Richard Garner untuk The Independent. Jadi meskipun siswa masih akan mempelajari semua teori-teori ilmiah yang penting, mereka akan mencari tahu tentang mereka dengan cara yang lebih diterapkan, yang sebenarnya terdengar cukup mengagumkan.

“Yang kami butuhkan sekarang adalah jenis pendidikan yang berbeda untuk mempersiapkan orang untuk hidup bekerja,” Pasi Silander, manajer pengembangan Helsinki, kepada Garner. “Anak-anak muda menggunakan komputer cukup maju. Di masa lalu bank-bank telah banyak pegawai bank yang totting up angka tapi sekarang yang telah benar-benar berubah. Oleh karena itu kita harus membuat perubahan dalam pendidikan yang diperlukan untuk industri dan masyarakat modern.”


Sistem baru ini juga mendorong berbagai jenis pembelajaran, seperti pemecahan masalah interaktif dan berkolaborasi di antara kelompok-kelompok yang lebih kecil, untuk membantu mengembangkan keterampilan siap kerja. “Kami benar-benar membutuhkan pemikiran ulang pendidikan dan perancangan ulang dari sistem kami, sehingga mempersiapkan anak-anak kita untuk masa depan dengan keterampilan yang diperlukan untuk hari ini dan esok,” Marjo Kyllonen, manajer pendidikan Helsinki.

“Ada sekolah yang mengajar dengan cara kuno yang merupakan keuntungan di awal tahun 1900-an – tetapi kebutuhan tidak sama dan kita perlu sesuatu cocok untuk abad ke-21,”

tambahnya.

Subyek individu mulai sedang dihapus untuk anak usia 16 tahun di ibukota negara dari Helsinki dua tahun lalu, dan 70 persen guru SMA kota kini dilatih dalam pendekatan baru. Data awal menunjukkan bahwa siswa sudah diuntungkan, dengan The Independent melaporkan bahwa hasil murid terukur telah membaik sejak sistem baru diperkenalkan. Dan Kyllonen itu cetak biru, yang akan dipublikasikan akhir bulan ini, akan mengusulkan bahwa sistem baru diluncurkan di seluruh Finlandia pada tahun 2020.


Tentu saja, ada beberapa reaksi dari para guru yang telah menghabiskan seluruh karir mereka mengkhususkan diri dalam mata pelajaran tertentu. Namun cetak biru baru menunjukkan bahwa guru dari berbagai latar belakang yang berbeda bekerja sama untuk datang dengan baru ‘topik’ kurikulum, dan akan menerima upah insentif untuk melakukannya.

Finlandia telah memiliki salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia, secara konsisten ada pada bagian atas peringkat PISA bergengsi di matematika, ilmu pengetahuan dan membaca, dan perubahan ini bisa sangat baik membantu mereka tinggal di sana.


Sumber: The Independent

Apa komentar kamu? :D