Siapa Itu Sahabat?

But friendship is precious, not only in the shade, but in the sunshine of life, and thanks to a benevolent arrangement the greater part of life is sunshine, 

(Thomas Jefferson—Presiden Amerika Serikat ke-3). 

Jadi, siapa itu sahabat kita? Sahabat… Apa sih artinya sahabat? Kalau kita mau mengartikan pasti sangat luas. Yang jelas persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.

Di dalam persahabatan seringkali menyuguhkan satu cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bisa tumbuh bersama. Di dalam persahabatan seringkali diwarnai suka dan duka, disakiti dan dihibur, dikecewakan dan diperhatikan, diabaikan dan didengarkan bahkan ditolak dan dibantu namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian. Seorang sahabat tidak pernah membungkus tamparan dengan ciuman tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah. Dan tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, yang seharusnya berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya. Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Seorang sahabat sejati akan membuat Anda hangat dengan kehadirannya, mempercayai akan rahasianya dan mengingat Anda dalam doa-doanya.
Banyak orang akan datang dan pergi dari kehidupanmu, tetapi hanya sahabat-sahabat sejati yang akan meninggalkan bekas di dalam hatimu

Apa komentar kamu? :D