Selamat ulang tahun, Nurul

Kau yang memiliki nama yang indah. Seindah makna hadirmu bagi banyak orang. Terutama orang-orang di sekelilingmu. Kau punya beberapa nama yang selalu akan diingat oleh mereka yang engkau tebarkan kebaikan padanya. Kepada siapa saja yang engkau jumpai. Kau punya nama yang indah, seindah perhatianmu bagi siapa saja di dekatmu.
Kau punya nama yang indah. seindah parasmu.
Nurul, yang berarti cahaya. Seorang perempuan belia dengan pembawaan kalem dan bersahaja. Di balik wajahmu yang sedikit ‘round’ itu, aku melihat jiwa kedewasaan yang dalam. Jauh lebih dewasa dari usiamu. Aku tahu betul soal jiwa kedewasaanmu itu -menurut penilaianku-. Bukan karena engkau pernah menasihatiku suatu hari untuk tidak begadang di depan layar laptop setiap malam, atau menasihatiku agar tidak mengeluh atas setiap kesulitan. Tapi karena engkau memang dewasa, penuh perhatian. menatap bening matamu yang teduh akan menemukan jejak-jejak surga di sana. Kalau boleh, aku menyebutnya ada pribadi dambaan di sana.  Aku  bukan siapa-siapa. Tapi padaku, engkau tak bisa menyembunyikan sikap kedewasaanmu itu. Karena kita teman. Teman yang selalu saja membuatmu jengkel. Aku kenal kau lebih dari yang orang lain tahu!
Kau punya beberapa nama. Ada yang memanggilmu ‘Nurmah’. Ada yang memanggilmu Nurul. Ada juga yang memanggilmu ‘Nurul Hikmah’. Tapi sedikit yang memanggilmu “Nurul”. Aku masuk ke dalam daftar yang sedikit itu. Mungkin terlalu sedikit waktu yang aku habiskan bersamamu sehingga lidahku terlalu keluh menyebut namamu secara lengkap. Yah sejak awal kita dipertemukan di fakultas hijau kampus merah, saat ketemu kita memang tidak pernah berbicara lebih dari sekadar masalah tugas kuliah. Selain itu tidak. Tapi dari sedikit kebersamaan itu, aku merasa amat dekat padamu, sedekat jari telunjuk dan jari tengah. Aku sendiri tidak tahu mengapa.
Kau yang punya beberapa nama, tapi aku rasa cukup memanggilmu “Nurul”. Engkau memang sedikit lebih muda dariku. Tapi dalam kedewasaan menjalani hidup, engkau mungkin jauh lebih matang. Soal ini aku harus belajar banyak hal padamu.
Selamat ulang tahun, Nurul. semoga usia berkah dan lebih baik. 

*dinihari, ditengah riuhnya acara  RESEP 2014HP Unhas-Bengo-bengo , 17 januari 2015-

Apa komentar kamu? :D